Ribuan Artikel Kesehatan ada disini, Cari Cepat disini:

KTI D3 Kebidanan[1] | KTI D3 Kebidanan[2] | cara pemesanan KTI Kebidanan |
PERHATIAN : jika file belum ter-download, Sabar sampai Loading halaman selesai lalu klik DOWNLOAD lagi

Penilaian Pertumbuhan Bayi dan Balita

»Penilaian Pertumbuhan Bayi dan Balita Penilaian Pertumbuhan BAyi dan Balita: "
Penilaian terhadap pertumbuhan bayi dan anak balita yang dapat digunakan untuk mendeteksi tumbuh kembang, diantaranya pengukuran antropometrik, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi. Pada bagian ini hanya di bahas pengukuran antropometrik.

Pengukuran Antropometrik
Pengukuran antropometrik meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan (panjang badan), lingkar kepala, dan lingkar lengan atas. Terdapat dua cara pcngukuran antroppometrik yaitu pengukuran berdasarkan umur dan pengukuran tidak berdasarkan umur. Contoh pengukuran berdasarkan umur antara lain pengukuran berat badan berdasarkan umur, panjang badan berdasarkan umur dan sebagainya. Sedangkan pengukuran tidak berdasarkan umur contohnya adalah berat badan berdasarkan tinggi badan, lingkar lengan atas berdasarkan tinggi badan dan sebagainya.

Penilaian berat badan merupakan bagian dari antropometrik yang digunakan untuk menilai hasil peningkatan atau penurunan semua jaringan yang ada pada tubuh misalnya tulang, otot, lemak, dan cairan tubuh sehingga akan dapat diketahui status keadaan giri anak atau tumbuh kembang anak. Selain menilai status gizi dan tumbuh kembang anak, berat badan dapat digunakan sebagai dasar perhitungan dosis dan makanan yang diperlukan dalam tindakan pengobatan. Adapun cara penilaian berat badan dapat dilakukan dengan melihat grafik (berat badan berdasarkan umur dibawah ini sesuai dengan Gambar 3.14¬3.17), dengan penilaian sebagai berikut:
  1. Penilaian berat badan berdasarkan umur menurut WHO dengan baku NCHS dengan cara persentil, adalah sebagai berikut persentil ke 50-3 dikatakan normal dan kurang atau sama dengan tiga masuk katagori malnutrisi (abnormal).
  2. Penilaian berat badan berdasarkan tinggi badan menurut WHO dengan cara persentase dari median, adalah sebagai berikut antara 85-80 % malnutrisi sedang dan kurang dari 80 % adalah malnutrisi akut (wasting).
  3. Penilaian berat badan berdasarkan tinggi badan baku NCHS dengan cara persentil adalah sebagai berikut persentil ke 75-25 dikatakan normal, persentil ke 10-5 dikatakan malnutrisi sedang dan kurang dari persentil kf: 5 dikatakan malnutirisi berat.
Penilaian Tinggi Badan
Penilaian tinggi badan juga dapat dilakukan dengan melihat grafik (finggi badan berdasarkan umur di bawah ini sesuai dengan gambar 3.14-3.17), dengan penilaian berdasarkan umur menurut WHO dengan baku NCI-IS dengan cara persentase dari median adalah sebagai berikut lebih dari atau sama dengan 90 % adalah normal dan kurang dari 90 % malnutrisi kronis (abnormal).

Penilaian Lingkar Kepala
Penilaian lingkar kepala dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan otak. Apabila pertumbuhan otak kecil (mikrosefali) maka dapat mcngindikasikan kc:mungkinan adanya retardasi mental, sebaliknya apabila otaknya besar (volume kepala meningkat) dapat mengindikasikan kemungkinan penyumbatan pada aliran c:airan serebrospinalis. Penilaian ini dapat dilakukan dc-:ngan menggunakan kurva lingkar kepala pada gambar di bawah ini, dcngan nilai normal antara -2 SD-± 2SI).

Penilaian Lila
Penilaian ini bertujuan untuk menilai jaringan lemak dan otot akan tetapi penilaian ini tidak banyak berpengaruh pada keadaan jaringan tubuh apa.bila dibandingkan dengan berat badan. Penilaian ini juga dapat dipakai untuk menilai status gizi pada anak usia prasekolah.


"