Ribuan Artikel Kesehatan ada disini, Cari Cepat disini:

KTI D3 Kebidanan[1] | KTI D3 Kebidanan[2] | cara pemesanan KTI Kebidanan |
PERHATIAN : jika file belum ter-download, Sabar sampai Loading halaman selesai lalu klik DOWNLOAD lagi

Air Laut Lebih Tinggi 3 Meter dari Daratan

»Air Laut Lebih Tinggi 3 Meter dari Daratan
Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan membangun waduk di Pelabuhan Marina Jakarta Utara. Pembangunan ini dilakukan karena permukaan air laut saat ini lebih tinggi dari permukaan air anak Sungai Ciliwung. Penurunan permukaan tanah juga terjadi di Waduk Pluit Jakarta Utara.

Air laut lebih tinggi tiga meter dari pada air waduk. Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan mengantisipasinya dengan pembuatan 11 pompa yang memiliki kapasitas 48,5 meter kubik setiap detik. Antisipasi lainnya dengan pembangunan waduk di Pelabuhan Marina, A Ancol akan segera dilakukan. Karena air laut juga mulai lebih tinggi, sehingga menutup Pintu Air Marina.

Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Putu Indiana, tahap untuk pembangunan waduk tersebut pada tahun ini masih dalam tahap perencanaan. Secara teknis akan ditempatkan sejumlah pompa di Pintu Air Marina.

"Ini akan membuat air anak Sungai Ciliwung langsung ditarik ke laut dan menghilangkan genangan," ujarnya lagi. Putu mengatakan, berada di bawahnya air sungai dibanding air laut karena telah terjadinya penurunan permukaan tanah di Jakarta.

Penurunan permukaan tanah tersebut disebabkan beberapa faktor di antaranya permukaan air tanah turun, curah hujan ekstrim yang belakangan melanda Jakarta, dan secara alamiah permukaan air laut memang mengalami kenaikan.

"Penurunan permukaan tanah akan membuat banyak daerah beberada di bawah saluran-saluran, seperti sungai dan waduk. Sehingga secara gravitasi di beberapa daerah air tidak bisa turun ke laut," ujarnya.


Sumber: INFORMASI DAN PENGETAHUAN UMUM