Ribuan Artikel Kesehatan ada disini, Cari Cepat disini:

KTI D3 Kebidanan[1] | KTI D3 Kebidanan[2] | cara pemesanan KTI Kebidanan |
PERHATIAN : jika file belum ter-download, Sabar sampai Loading halaman selesai lalu klik DOWNLOAD lagi

KELOMPOK MODEL PARSONS ( 1961 )

»KELOMPOK MODEL PARSONS ( 1961 ) Kelompok Model Parsons ini termasuk sebagai kelompok model umum (Generalized Model ) pada pertumbuhan dan pengembangan kelompoknya.
Teori ini melihat masyarakat sebagai suatu jaringan kelompok yang bekerja sama secara terorganisir yang bekerja dalam suatu cara yang teratur menurut seperangkat peraturan dan nilai yang dianut oleh sebagian masyarakat tersebut. Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang stabil yang menuju kearah keseimbangan, yaitu suatu kecenderungan untuk mempertahankan sistem kerja yang selaras dan seimbang. Teori ini juga mengemukakan bahwa setiap kelompok atau lembaga melaksanakan tugas tertentu dengan terus menerus, karena hal itu fungsional. Pada teori Parsons ini menekankan fungsional kelompok/ perspektif fungsional.
Dalam menelaah kelompok sebagai suatu sistem sosial, teori ini melihat bagaimana aspek-aspek yang terdapat dalam kelompok tersebut menurut fungsi-fungsinya. Penempatan fungsi-fungsi yang telah digariskan, merupakan titik tolak untuk menentukan bergerak atau dinamis tidaknya suatu kelompok. Pemilihan ini dijadikan dasar untuk menelaah interaksi masing-masing fungsi menurut jaringan fungsi dan tugas dalam satuan kelompok.
Menurut Parsons, untuk dapat berlangsung dan bertahannya suatu kelompok atau organisasi hendaknya kelompok tersebut memenuhi keempat persyaratan fungsional, yang dirumuskan sebagai berikut :
Adaptasi
Pencapaian Tujuan
Integrasi Anggota-anggotanya, dan
Kemampuan mempertahankan Identitasnya terhadap kegoncangan dan ketegangan yang timbul.
Keempat persyaratan fungsional tersebut dikenal dengan sebutan A - G - I - L , yang dalam prosesnya melakukan pertukaran ke dalam atau transaksi internal :

1.ADAPTASI
Dengan adaptasi , dimaksudkan bahwa para anggota mempunyai atau menghasilkan sarana-sarana yang dibutuhkan mereka/kelompok supaya dapat hidup dan bergerak. Tanpa sarana material, gagasan atau cita-cita tidak akan dapat diwujudkan.
Contoh:
Tanpa adanya sumber keuangan yang baik, seperti Sekolah, Klinik, Keluarga tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Hanya dengan adanya fasilitas atau sistem (suatu sistem) dapat menguasai lingkungannya. Semua proses dan mekanisme yang diadakan dalam rangka adaptasi dan penguasaan lingkungan ini, disebut dengan " EKONOMI " oleh Parsons.


2.TUJUAN ( GOAL ATTAINMENT )
Untuk mencapai suatu tujuan sebagaimana halnya dengan prasyarat pertama (adaptasi ) , juga memiliki hubungan dengan lingkungan luar.
Dalam hal ini dapat ditetapkan :

Pertama Harus ada satu tujuan
Contoh :
Pernah pada jaman lampau perkumpulan-perkumpulan didirikan dengan tujuan untuk menebus dan membebaskan budak. Tetapi,dengan tidak adanya lagi gejala perbudakan , maka perkumpulan-perkumpulan semacam itu membubarkan diri.
Kedua Harus ada anggota atau tenaga yang dapat mencapai tujuan tersebut.
Suatu sistem harus senantiasa mampu menarik dan mengerahkan orang baru untuk menggantikan posisi yang lama. Selain itu juga harus ada mekanisme - mekanisme kepemimpinan dan pengambilan keputusan dan penempatan tenaga.

Ketiga Sebagai unsur yang terakhir harus ada kewaspadaan dalam suatu sistem.
Kewaspadaan, kepekaan, keterbukaan, dan kebijaksanaan berkenaan dengan kebutuhan sistem di satu pihak dan perubahan jaman dan kondisi-kondisi lingkungan di pihak lain.
Contoh :
Suatu sistem Pendidikan yang buta terhadap tanda - tanda jaman akan menggali kuburnya sendiri. Semua kegiatan sosial sehubungan dengan persyaratan ini disebut " POLITY " oleh Parsons.

3.INTERGRASI
Integrasi merupakan persyaratan ketiga yang harus dipenuhi dalam suatu sistem. Satuan-satuan itu harus berintergrasi dalam arti bahwa mereka dilibatkan dan dikoordinir dalam keseluruhan sistem sesuai dengan posisi dan peranan mereka masing-masing.
Contoh :
- Penyelewengan harus dihancurkan/dihapuskan
- Perpecahan harus dicegah
Dalam prakteknya , integrasi diusahakan dengan PENGATURAN UNDANG-UNDANG. Disinilah berperanya FATE CONTROL.
Dalam hal ini juga bisa melalui : instruksi, kaidah-kaidah dan lembaga-lembaga kemasyarakatan itu berwenang di bidang perumusan hak-hak dan kewajiban-kewajiban serta pengamanan mereka.

4.MEMPERTAHANKAN IDENTITAS ( LATEN MAINTENANCE )
Mempertahankan Identitas yaitu tata nilai -nilai budaya yang bersifat mendasar. Menurut Parsons tiap-tiap sistem dicirikan oleh suatu sistem nilai -nilai yang telah dilembagakan. Hal mempertahankan sistem ( keutuhan sitem ) nilai itu dan pelembagaannya, merupakan keharusan fungsional yang utama. Sistem nilai-nilai budaya itu, akan dipertahankan melalui proses-proses pendidikan, pemasyarakatan, pembudayaan , penataran dan lain sebagainya. Selain itu Agama, kesenian dan macam-macam upacara akan memainkan peranan penting dalam mempertahankan tersebut.
Kalau dilihat dari segi anggota kelompok , internalisasi nilai-nilai budaya itu merupakan sarana untuk mengakhiri dan menyelesaikan ketegangan-ketegangan yang selalu timbul dalam setiap sistem. Pada akhirnya bahwa dalam setiap sistem harus ada proses dan mekanisme yang menghasilkan dan melestarikan dedikasi dan komitmen dari para anggotanya.
Adapun keuntungan dan kerugian dari pembentukan dan pengembangan kelompok Model Parsons ini antara lain :

KEUNTUNGAN :
-Tugas dapat cepat dapat terselesaikan
-Pola perilaku dan sopan santun sangat terjaga
-Anggota-anggotanya dapat berfungsi sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

KERUGIANNYA :
-Interaksi anggota-anggotanya dibatasi oleh norma-norma kesopanan sehingga kurang ada keterbukaan
-Terfokus pada tugas yang harus diselesaikan /dilaksanakan serta hasil yang harus dicapai saja.

rinfeksi dan cacat.


http://askep-askeb.cz.cc/