Ribuan Artikel Kesehatan ada disini, Cari Cepat disini:

KTI D3 Kebidanan[1] | KTI D3 Kebidanan[2] | cara pemesanan KTI Kebidanan |
PERHATIAN : jika file belum ter-download, Sabar sampai Loading halaman selesai lalu klik DOWNLOAD lagi

Materi Kesehatan: Stimulasi Perkembangan Anak

»Materi Kesehatan: Stimulasi Perkembangan Anak
Stimulasi Perkembangan Anak

Tujuan tindakan memberikan stimulasi pada anak adalah untuk membantu anak mencapai tingkat perkembanagan yang optimal atau sesuai dengan yang diharapkan. Tindakan ini meliputi berbagai aktivitas untuk merangsang perkembangan anak, seperti latihan gerak, berbicara, berpikir, kemandirian dan sosialisasi. Stimulasi dilakukan oleh orang tua (keluarga) setiap ada kesempatan atau sehari - hari. Stimulasi disesuaikan dengan umur dan prinsip stimulasi.

Tindakan pemberian stimulasi dilakukan dengan prinsip bahwa stimulasi merupakan ungkapan kasih sayang, bermain dengan anak, berbahagia bersama; stimulasi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, dan mencakup empat bidang kemampuan perkembangan stimulasi dimulai dari tahap yang sudah dicapai oleh anak; stimulasi dilakuakan dengan wajar, tanpa paksaan atau hukuman atau marah apabila anak tidak mampu melakukannya. Memberikan pujian bila anak berhasil; stimulasi dilengkapi dengan alat bantu sederhana dan mudah didapat, misalnya mainan yang dibuat sendiri dari bahan bekas, alat yang ada dirumah atau benda yang ada dilingkungan sekitar.

Bidang kemampuan perkembangan yang dipantau dan distimulasi :
1. Kemampuan bergaul dan mandiri ( BM )
2. Kemampuan berbicara, bahasa dan kecerdasan ( BBK )
3. Kemampuan gerak kasar ( GK )
4. Kemampuan gerak halus ( GH )





Bayi umur 0 – 3 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai ) :

1. Dapat menggerakkan kedua lengan dan kaki sama mudahnya ( GK )
2. Bereaksi dengan melihat kearah sumber cahaya ( GH )
3. Mengoceh dan bereaksi terhadap suara ( BBK )
4. Bereaksi senyum terhadap ajakan ( BM )


Stimulasi yang diperlukan pada bayi 0 – 3 bulan
1. Bergaul dan mandiri
Ajaklah bayi anda berbicara dengan lembut, dibuai, dipeluk, dinyanyikan lagu, dan lain lain
a. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Ajaklah bayi anda berbicara, mendengarkan berbagai suara ( suara burung, radio, dan lain lain )
b. Gerak kasar
Latih bayi anda mengangkat kepala pada posisi telungkup dan memperhatikan benda bergerak
c. Gerak halus
Latih bayi anda mengenggam benda kecil


Bayi umur 3 – 6 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang haus dicapai )
1. Menegakkan kepala pada saat telungkup ( GK )
2. Meraih benda yang terjangkau ( GH )
3. Menengok kearah sumber suara ( BBK )
4. Mencari benda yang dipindahkan ( BM )


Stimulasi yang diperlukan pada bayi 3 – 6 bulan :
d. Bergaul dan mandiri
Latih bayi anda mencari sumber suara
e. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih bayi anda menirukan suara/bunyi/kata
f. Gerak kasar
Latih bayi anda menyangga leher dengan kuat
g. Gerak halus
Latih bayi anda meraup benda kecil


Bayi umur 6 – 9 bulan
1. Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai )
2. Ketika didudukkan dapat bertahan dengan kepala tegak ( GK )
3. Memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang lain ( GH )
4. Tertawa/ berteriak melihat benda menarik ( BBK )
5. Makan biskuit tanpa dibantu ( BM )

Stimulasi yang diperlukan bayi 6 – 9 bulan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan dengan berpegangan
2. Gerak halus : Latih anak memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kta kata
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak bermain dengan orang lain

Bayi umur 9-12 bulan
Tugas perkembangan
1. Berjalan dengan berpegangan ( GK )
2. Dapat meraup benda benda kecil ( GH )
3. Mengatakan dua suu kata yang sama ( BBK )
4. Bereaksi terhadap permainan “ ciluk ba “ ( BM )


Stimulasi yang diperlukan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan sendiri
2. Gerak halus: Ajak anak menggelinding bola : Gelindingan bola kearah anak dan inta agar ia mengelindingkannya kembali
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kata kata: Kenalkan kata kata baru sambil menunjukkan gambarnya.
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama

Bayi umur 12 – 8 bulan

Tugas perkembangan
1. Bejalan sndiri tidak jatuh
2. Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk ( GH )
3. Mengungkapkan keinginan secara sederhana ( BBK )
4. Minum sendiri dari gelas tidak tumpah ( BM )

Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik turun tangga

Gerak halus
Bermain dengan anak melmpar dan menangkap bola besar kemudian bola kecil

Bicara, bahasa dan kecerdasan
Lath anak menunjuk dan menyebutkan nama nama bagian tubuh

Bergaul dan berbicara
Beri kesempatankepada anak untuk melepaskana pakaiannya sendiri



Bayi umur 18 – 24 bulan
Tugas prkembangan
1. Berjalan mundur sedikinya lima langkah ( GK )
2. Mencorat coret engan alat tulis ( GH )
3. Menunjukan bagian tubuh dan menyebutkan namanya ( BBK )
4. Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga ( BM )


Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak berdiri dengan satu kaki

Gerak halus
Ajari anak menggambar bulatan. Garis egutiga dan gambar wajah

Bicara, bahsa dan kecerdasan
Latih anak mengiui perintah sederhana

Bergaul dan mandiri
Latih anak agar mau ditinggalkan untuk sementara waktu


Anak umur 2 – 3 tahun
Tugas pekembangan

1. Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan, sediitnya dua hitungan ( GK )
2. Meniru membuat garis lurus ( GH )
3. Menyatakan keinginan sedikitnya dengan dua kata ( BBK )
4. Melepas pakaian sendiri ( BM )


Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak melompat dengan satu kaki

Gerak halus
Ajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok

Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna

Bergaul dan mandiri
Latih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri


Anak umur 3 – 4 tahun
Tugas perkembangan
1. Berjalan jinjit ( GK )
2. Membuat gambar lingkaran ( GH )
3. Mengenal sedikitnya satu warna ( BBK )
4. Mematuhi cara permainan sederhana ( BM )


Stimulasi yang diperlukan anak 3 - 4 tahun
Gerak kasar
Latih anak melopat dengan satu kaki

Gerak halusLatih anak mengunting dan membuat buku cerita dengan gambar

Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna

Bergaul dan mandiri
Latih anak mengenal sopan santun, beterima kasih, mencium tangan dan lain lain


Anak umur 4 – 5 tahun
Tugas perkembanagn
1. Berdiri dengan satu kaki ( GK )
2. Dapat mengancingkan baju ( GH )
3. Dapar bercerita sederhana ( BBK )
4. Dapat mencuci tangan sendiri ( BM )


Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Beri esempatan anak melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan kelincahan

Gerak halus
Bantu anak menggambar

Bicara, bahasa dan kecerdasan
Bantu anak mengerti satu eparuh dengan cara membagikan kue / kertas

Bergaul dan mandiri
Latih anak untuk mandiri, misalnya bermain tangga.

sumber : http://askep-askeb-kita.blogspot.com/

Anak umur 5 – 6 tahun
Tugas perkembangan
1. Menangkap bola kasti pada jarak 1 meter ( GK )
2. Membuat gambar egi empat ( GH )
3. Mengenal angka dan huruf serta menghitung ( BBK )
4. Berpakaian sendiri tanpa bantuan ( BM )


Stimulai yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik sepeda

Gerak halus
Latih anak kreatif membuat sesuatu dari lilin/tanah liat

Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenl waktu hari, minggu dan bulan

Bergaul dan mandiri
Latih anak bercakap cakap dengan temansebayanya.


DAFTAR PUSTAKA